strategi pemasaran ekonomi asia

Seminar “ ASEAN ECONOMIC COMMUNITY BLUEPRINT”

Di Universitas Indonesia

Dalam seminar yang diadakan tersebut,banyak membicaraka tentang pembangunan infastruktur ekonomi Negara asean,ekonomi regional ASEAN & Asian, strategi pemasaran ekonomi asia dan lain-lain. Tapi saya tertarik untuk membicarakan  strategi pemasaran ekonomi di asia tentang bagaimana persaingan merek memperebutkan posisi puncak yang semakin ketat ?. Stratergi apakah yang bisa membuat merek menjadi top dan berdaya tahan lama? Salah satu contohnya adalah top brand susu bubuk dewasa berkalsium “anlene”

Sejak pertama hadir,anlene sudah menjadi market leader,tentu aja bukan prestasi yang gampang diraih,anlene mempunyai cara tersendiri untuk selalu berada di puncak.

Seperti yang kita ketahui anlene adalah produk susu yang pertama kali yang mengedukasikan tentang bahaya nya osteoporosis,kita bisa lihat di televisi.hal ini lah yang menginspirasi perusahaan anlene agar tetap mempertahankan posisinya sebagai “pemimpin pasar”

Target utama anlene adalah wanita, pada saat wanita berusia 35 tahun,baik dari kelas ekonomi A,B,C atau D banyak melakukan aktivitas tinggi. Ini juga dibuktikan pada tahun 2006,riset menunjukkan bahwa 63% wanita Indonesia kekurangan kalsium.

Namun belakangan ini anlene mulai melebarkan target pasarnya,yaitu merata ke semua gender dan usia dewasa.terlihat dengan peluncuran produk barunya yaitu ” anlene one-a-day ”. Produk ini merupakan susu cair dalam kemasan ,yang mengandung kalsium 4 kali lipat lebih tinggi di bandingkan dengan susu biasa-bahkan tertinggi di dunia.

Saat ini banyak merek susu yang bermain di pasar susu bubuk berkalsium,seperti hi-lo,calcimex,produgen dan indomilk calcimex. Namun demikian , anlene sebagai pemimpin pasar tidak ingin posisinya karena itu , upaya peningkatan brandloyalty terus di gelar,terutama penguatan kualitas produk.disampnig itu program edukasi pun tetap konsisten dilakukan, misalnya dengan menggelar pemeriksaan tulang gratis diberbagai kota di indonesia. Kedekatan dengan konsumen merupakan kunci untuk menjaga loyalitas.

Anlene juga tergolong gencar beriklan dan aktif menggelar beberapa event spektakuler seperti jalan kaki bersama anlene ”10.000 orang untuk 10.000 langkah”

Semua strategi marketing yang sangat integrated ternyata tidak sia-sia.pertumbuhan omzet anlene naik dalam 3 tahun terakhir.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s