KONTRIBUSI KOPERASI TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM

Tidak dipungkiri bahwa kontribusi koperasi terhadap perkembangan UMKM sangat penting dimana koperasi sebagai penyalur modal kredit untuk berdirinya sebuah UMKM. Koperasi dalam pemberian kredit tidak begitu sulit didapatkan dan persyaratannya lebih mudah Dan bunga yang kita pinjam dikoperasi tidak begitu besar jika di banding kita meminjam di bank.

Koperasi sudah berkembang kepelosok desa dan terjangkau di setiap daerah. ini memudahkan masyarakat untuk mengembangkan usahanya.sehingga masyarakat mempunyai penghasilan dari usaha yang dibangunnya. Koperasi juga mempunyai fungsi lain dalam perkembangan UMKM,yaitu koperasi memiliki fasilitas pemasaran terhadap usaha anggotanya,dan didalam koperasi lebih mudah menukar informasi antar sesama anggota.

Mengapa ketika terjadi krisis pada tahun 1997,UMKM  kurang terkena dampaknya ? ini dikarenakan barang yang dijual pada UMKM adalah barang lokal atau produksi lokal,dan di jual di pasar lokal,dan transaksi yang digunakan juga menggunakan uang rupiah. Sebenarnya pada tahun 1997 UMKM yang mengekspor barang mendapat untung,karena ketika itu rupiah melemah hingga Rp 17000.

Apabila nasabah mengalami kredit macet maka koperasi menyelesaikan nya secara kekeluargaan,dimana dalam membangun koperasi di butuhkan saling percayaan antar nasabah dengan koperasi

Jika kita ikut berpartisipasi dalam perkembangan UMKM pada koperasi , bukan tidak mungkin Indonesia menjadi Negara yang maju. Sehingga masyarakat tidak ada lagi yang miskin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s